Laman

Jembatan Millenium Gateshead pembuka -mata- engineering

Jembatan Millenium Gateshead
pembuka -mata- engineering

The Gateshead Millenium Bridge di atas Sungai Tyne di utara-timur Inggris adalah jembatan miring yang unik untuk pejalan kaki dan pengendara sepeda. Dibuka oleh Ratu pada Mei 2002, inspirasional 105 m struktur span kemudian menjadi jembatan pertama memenangkan Royal Institute of British Architects 'Stirling Prize 2002 untuk 'membangun tahun'. Paper ini memberikan ikhtisar tentang apa yang kemudian dikenal sebagai 'mata berkedip' jembatan dan dari mengadopsi proses untuk mencapai dan menyampaikannya paling tidak-tidak suprastruktur spektakuler instalasi.

Pada Agustus 1996 Dewan Gateshead ungkapan mengundang minat dalam desain persaingan untuk jembatan baru melintasi Sungai Tyne Newcastle dan menghubungkan Gateshead. Itu adalah awal dari sebuah proses yang memuncak pada pembukaan struktur unik oleh Ratu Elizabeth II, pada tanggal 7 Mei 2002 (Gambar 1).
Gambar. 1. Gateshead Millenium Bridge menyediakan sampai dengan 25 m izin ke sungai lalu lintas ketika terbuka penuh
Pembangunan jembatan melibatkan satu orang dari peristiwa yang paling spektakuler dilihat pada sungai. Pada tanggal 20 November 2000 salah satu apung terbesar di dunia berhasil crane membawa seluruh jembatan 10 km ke atas Tyne dan meletakkannya secara akurat ke penunjangnya. 120 m tinggi, derek kerdil jembatan dan bangunan dermaga.

Ribuan orang berjejalan di dermaga untuk menonton sebagai jembatan, yang telah diangkut dengan sumbu sepanjang sungai, sedang diputar 90 °; dipasang tepat antara dinding dermaga dan diturunkan ke tempat (Gambar 2).
Gambar. 2. Ribuan Asia menonton Hercules II memberikan struktur t 800 pada 20 November 2000
kunci regenerasi
Dampak dari proyek pada proses regenerasi program untuk daerah itu dibuktikan oleh jutaan poundsterling kegiatan konstruksi di kedua bank. Tapi di musim panas tahun 1996 ini berbeda. The Gateshead sisi sungai adalah gambar dari kelalaian dan industri pembusukan, kontras tajam dengan vitalitas dan bersemangat Newcastle sisi. Membersihkan sungai tercemar parah sekali telah mendorong usaha untuk kembali ke dermaga dan yang Tyne & Wear Pembangunan Corporation telah menciptakan yang terbuka dan lingkungan yang menarik dengan sukses komersial dan aktivitas waktu luang memperluas terus di sepanjang tepi utara. Di sisi selatan Tyne, Gateshead Council ambisi untuk daerah didasarkan pada budaya dan waktu luang perkembangan tetapi diakui bahwa keberhasilan akan tergantung pada menghubungkan secara fisik dengan yang telah ditetapkan popularitas dari tepi utara. Sebuah jembatan ke jantung yang diusulkan redevelopments akan menyediakan akses langsung dan, dalam hubungannya dengan tingkat rendah Swing Jembatan dirancang dan dibangun oleh William Armstrong pada 1879, membuat 1.5km panjang pejalan kaki sirkuit meliputi baik quaysides dan menyediakan hebat pemandangan sungai dan berbagai lain mengesankan jembatan (Gambar3).
Untuk mencerminkan dewan aspirasi, yang jembatan harus 'khusus' dan, untuk mengakomodasi pengiriman, ia harus menjadi seorang pembukaan jembatan.
Gambar. 3. Penyeberangan baru harus mengharmonisasikan dengan negara-negara tetangganya - termasuk Tinggi 1849 Tingkat Bridge, pada tahun 1929 dan Jembatan Tyne 1879 tingkat rendah Swing Bridge
Penawaran untuk milenium status
Pada pertengahan tahun 1996 pendanaan kesempatan muncul. Inggris Millenium Komisi sedang mencari tawaran untuk babak final dari lotere pendanaan untuk milenium baru proyek. Tawaran itu harus dilakukan pada Desember 1996 namun sebuah entri akan semakin menambah tuntutan proyek. Pertama akan harus mampu mencapai pengakuan sebagai tengara milenium baru; kedua itu harus substansial lengkap dalam tahun 2000 dan, ketiga, dewan harus menjamin 50% dari yang diharapkan biaya (dan 100% dari setiap menyebar uang) dan berpotensi menanggung biaya penuh gagal tawaran. Penghargaan yang tinggi, yang sukses regenerasi akan menyediakan ratusan pekerjaan dan puluhan ribu pengunjung, namun hambatan yang banyak.
Sebuah kemungkinan masa konstruksi dua tahun berarti bahwa pekerjaan situs harus dimulai pada 1998 dan sebuah array hukum dan perencanaan prosedur yang harus diselesaikan sebelum kemudian. Dewan bahkan tidak memiliki akses ke sungai di mana jembatan itu harus terletak. Komisi milenium tawaran harus dibuat jauh sebelum desain yang telah dilakukan dan oleh karena itu sebelum perkiraan serius bisa diproduksi. Ruang lingkup untuk keberatan terhadap berbagai prosedur perundang-undangan adalah perhatian utama karena program tidak dapat mengakomodasi pertanyaan panjang. Sementara jelas bahwa kerjasama dari banyak kelompok akan menjadi penting, itu juga jelas bahwa pengembangan skema harus terus selama berbulan-bulan tanpa kepastian atau kekuatan hukum pendanaan yang diperlukan untuk memulai pembangunan.
Itu latar belakang inilah yang dewan membuat keputusan untuk membuat £ 9.7 million tawaran untuk Komisi Milenium. Hasil tawaran tidak akan diketahui sampai dengan baik ke berikut tahun dan jelas bahwa kemajuan harus dibuat sebelum itu jika rentang waktu itu harus dipenuhi. Tantangan menemukan sebuah desain yang akan spektakuler dan teknis suara yang harus diwujudkan melalui kompetisi desain tapi, sadar akan ketidakmampuannya untuk menjamin akhirnya konstruksi, dewan bertahap kompetisi untuk meningkatkan diperlukan masukan dari peserta sebagai lapangan menyempit dan kemungkinan sukses milenium tawaran ditingkatkan.
Hampir 50 submissions diterima
Tanggapan terhadap pemberitahuan awal ini menggembirakan. Para pendatang itu diarahkan ke arah membentuk tim multi-disiplin, meskipun itu dimaksudkan dari awal bahwa kontrak akan didasarkan pada teknik model. Dari 47 pengajuan, sebuah diciutkan dari enam sudah siap. Akhir enam teknis diberikan singkat tapi, bahkan pada tahap ini, hanya diperlukan untuk memproduksi sebuah konsep desain dengan perkiraan panduan biaya dan biaya.
Sadar akan kebutuhan untuk mendorong dan mempromosikan kepentingan lokal dalam proyek, mudah-mudahan dengan demikian mengurangi keberatan, konsep desain enam dimasukkan dalam konsultasi latihan yang diambil bulat pusat perbelanjaan lokal dan publik bangunan. Tanggapan juga dicari dari lokal dan kelompok-kelompok kepentingan nasional dan penilaian teknis yang independen ditugaskan.
Sebuah panel juri yang diketuai oleh Profesor Tony Ridley diumumkan pada bulan Februari 1997, setelah mempertimbangkan berbagai komentar yang diterima dan telah diperiksa enam pengiriman, konsep yang menang desain telah diserahkan oleh konsultan insinyur Gifford dan Rekanan dan Eyre Wilkinson Architects (Gambar 4).
 Gambar. 4. Simulasi komputer Gifford dan Wilkinson Eyre's memenangkan pengajuan
Mengharmonisasikan dengan enam lain jembatan
Sungai Tyne memiliki enam jembatan besar dalam kawasan pusat kota, banyak memiliki bersejarah akar (lihat Gambar. 3). The Tyne Jembatan, sebuah ikon kota, dibuka di 1928. Jembatan yang dramatis dua-pin lengkungan baja dan pada saat pembukaan adalah terpanjang di Britania dengan rentang antara pin dari 162 m. Ini terdiri dari dua parabola gulungan dengan Warren bracing, dari dek jalan yang ditangguhkan melalui vertikal gantungan, menyediakan kliring 25 m di atas tingkat sungai.
Berdekatan dan sedikit hulu adalah Jembatan Swing Armstrong, dibangun pada tahun 1879, menggantikan span sembilan jembatan batu meningkatkan akses ke karya-karya Armstrong di Elswick. Ayun bagian jembatan terdiri dari sepasang truss girders dengan puncak melengkung boom, soffit dari yang berada di sekitar 4.5m di atas sungai tingkat. Jembatan terbesar adalah ayunan jembatan yang dibangun pada waktu dan pada puncak kehidupan operasional dilaporkan kepada telah membuka beberapa 6.000 kali setahun.

Tingkat Tinggi Jembatan 1849 adalah double-struktur geladak yang dirancang oleh Robert Stephenson, dek bawah membawa jalan dan dek atas utama timur laut rel kereta api. Jembatan memiliki enam membentang dari sekitar 38 m, masing-masing terdiri span dari empat lengkungan besi cor iga dengan bagian atas dek didukung dari mereka oleh besi kolom.

Masing-masing struktur yang ada berada di inovasi terdepan dalam hari dan namun mereka berada dalam harmoni dengan Common ciri-ciri seperti bentuk lengkung dan vertikalitas yang mendukung dan dasi. Mereka juga fungsional, kokoh jembatan tanpa perhiasan. Semua jembatan baik didokumentasikan.
Sebuah desain menuntut singkat
Desain menuntut singkat. Ini diperlukan jembatan untuk :
■ simbol yang cocok Tyneside di awal milenium baru
■ komplementer ke sungai yang ada jembatan
■ dari standar teknik untuk mencocokkan tetangganya
■ sebagai inovatif seperti beberapa negara-negara tetangganya mereka ketika mereka dibangun
■ perangkat tambahan dari pandangan Tyne dari jembatan yang ada
■ situs yang megah dari yang untuk melihat jembatan yang ada (dan difoto terhadap mereka)
■ mampu menemukan jalan cepat ke kasih sayang dari publik Tyneside.
Selain itu, diperlukan singkat yang jembatan untuk memberikan izin 4,5 m di tertutup-untuk-posisi lalu lintas sungai, dan 25 m dalam posisi terbuka, selama lebih dari 30 m lebar saluran navigasi. Tidak ada struktur akan dibangun di quaysides di kedua sisi sungai dan jalan setapak maksimum gradien sudah ditentukan.

Mengingat persyaratan menjadi jelas bahwa jembatan lurus langsung di seberang sungai tidak bisa dicapai jarak bersih yang diperlukan. Sebuah jembatan melengkung Namun rencana diberikan pada sekitar 30% ekstra panjang dek dan dapat lebih siap mengakomodasi keduanya. Konsep dari struktur lengkung ganda kemudian berevolusi, seluruh bentuk jembatan berputar tentang sebuah titik poros umum dipasang di setiap ujung dukungan dalam rangka untuk menyediakan pengiriman diperlukan izin (Gambar 5). Di hal ini jembatan yang unik dan belum sederhana. Dalam bentuk yang bersifat komplementer dengan bersejarah tetangga, berbicara dengan jelas dari fungsi kedua statis dan melalui metode pembukaan. Tindakan membuka sendiri adalah sebuah tontonan layak terbenamnya.
jembatan lurus tepat di seberang sungai tidak bisa mencapai diperlukan izin
Gambar. 5. Pengembangan konsep sketsa yang menyebabkan ganda berputar-bentuk melengkung

Layang-bagian dipilih untuk lengkungan utama
Desain akhir memiliki parabola baja arch spanning 105 m antara akhir mendukung dan naik 45 m di atas tingkat sungai. Lengkungan adalah layang-layang di bagian berbentuk lonjong dalam kedua rencana dan elevasi, biasanya 4 m × 2 m pada akarnya dan 2 m × 1,3 m di puncak (Gambar 6). Bulat hidung lengkung, memotong dari tabung baja, wajah-wajah hilir sementara menunjuk bagian ekor poin hulu. Hal ini dibuat dari pelat baja hingga 35 mm tebal, dan kaku baik longitudinal dan melintang. Sedangkan bagian sepenuhnya disegel oleh pengelasan, akses menetas dan langkah irons telah disediakan untuk inspeksi dan pemeliharaan.

Gambar. 6. Cross section dari baja parabola   
lengkungan mengurangi dari akar ke apeks
(dimensi dalam mm)
Lengkungan rumah tinggal anchorages dengan - dalam lubuk setengah bola sejajar ke bidang masing-masing 48 mm diameter spiral untai tinggal. Namun, karena orienta - tion kabel ini, para 'lengkungan' adalah subjek - ed untuk cukup out-of-pesawat pembengkokan lateral efek dan bertindak sebagai encastré beam (Gambar7). Proporsi bentuk lengkungan mencerminkan struktural ini behav - iour.

Gambar. 7. Tinggal kabel menyebabkan cukup keluar-ofplane membungkuk dalam lengkungan

Geladak, juga kotak dan kaku melengkung dan runcing di dalam rencana, didukung sepanjang tepi bagian dalam oleh 18 tinggal kabel di 6m pusat, jarak yang sama dengan gantungan dari Jembatan Tyne (Gambar 8). Kotak bagian dek mengakomodasi ceruk berbentuk tabung silinder pelabuhan majelis ke yang disesuaikan dek jangkar duduk, dan dari yang menekankan dari kabel terjadi. Permukaan atas kotak dilapisi dengan non-slip epoxy coating.

Gambar. 8. Bagian melengkung lintas pejalan kaki dan siklus dek, menunjukkan pusat baja 'pagar' dan bangku (dimensi dalam mm)

Luar cycleway ditetapkan pada tingkat yang lebih rendah
Balok melintang di 3 m pusat penopang dari bawah trotoar kotak dan dukungan alumunium yang ringan sistem decking cycleway luar. Itu cycleway, yang adalah lebar konstan 2,5 m di atas jembatan panjang, adalah 300 mm lebih rendah dari jalan kecil berdekatan tapi bagian atas adalah parapets tingkat.
Antara pejalan kaki dan zona siklus adalah serangkaian stainless steel 'pagar' dan bangku, menyela di berbagai interval untuk menyediakan langkah-langkah antara geladak. Itu bangku memungkinkan pengguna untuk berhenti sejenak dan menikmati pandangan dari tepi sungai dan hulu jembatan dan memperkuat pengertian struktur menjadi tujuan dalam dirinya sendiri kanan serta titik persimpangan fungsional.
Kedua unsur lengkungan datang bersama-sama di masing-masing ujung jembatan tempat mereka berkumpul sekitar melintang berorientasi 1.8 m silinder baja, yang lengkungan menurun langsung ke atasnya dan terhubung ke dek melalui torsi baja kotak (Gambar 9). A substansial dayung memanjang ke bawah dari bagian bawah ini silinder hidrolik domba jantan yang adalah terhubung untuk mengoperasikan jembatan. Baja Web pada bidang masing-masing ram extends melalui masing masing elemen untuk memastikan jelas jalan di seluruh beban. A 25 t marah dan ditempa trunnion poros baja berjalan melalui pusat silinder, ujung-ujungnya yang didukung dari beton akhirnya mendukung melalui bantalan baja cor - tiang dan bantalan berbentuk bola, masing-masing Diameter 540 mm.
Gambar. 9. Cross section melalui dukungan akhir, menunjukkan lokasi dari 450 mm pembukaan diameter domba jantan

Langkah batubara grout sebelum menumpuk 
Akhir terdiri substansial mendukung struktur beton masing-masing didukung 14 bosan cast-in situ tumpukan 1,5 m diameter (Gambar 10). Tumpukan ini adalah didirikan pada langkah batubara sekitar 20 m di bawah permukaan tanah, terbaring sungai di bawah kerikil dan dingin sampai. Sebagai akibat dari adanya batu bara jahitan diidentifikasi selama penyelidikan geoteknik, dan akibatnya kemungkinan pertambangan retakan dan void, menyelidik dan grout ini dilakukan sebelum konstruksi dari tumpukan bosan.
Gambar. 10. Longitudinal bagian jembatan, menunjukkan langkah-langkah batubara fissured mendasari

Akhir yang geometris kompleks mendukung diposisikan dalam sungai untuk menghindari gangguan pada dermaga, link cantilevering pendek rentang membentang dari mereka untuk masing-masing dermaga. Terak tanur tinggi digunakan sebagai 60% penggantian semen dalam dukungan akhir konkret untuk mengendalikan termal retak dalam menuangkan beton besar diperlukan.

Rams bekerja di kompresi dan ketegangan
Enam dipasang horizontal bertindak ganda hidrolik silinder, tiga di setiap akhir dukungan, digunakan untuk membuka jembatan (lihat Gambar. 9). Ini silinder diameter 450 mm, berlabuh ke substruktur beton besar, dorongan terhadap ujung yang dayung, memaksa seluruh struktur untuk memutar melalui sudut yang diperlukan sekitar 40 °. Selama pembukaan, pusat massa dari seluruh struktur bergerak melintasi pivot point, dan sebagai akibat beban dalam silinder perubahan dari kompresi beban dari 1000 t per akhir dukungan di mulai dari pembukaan untuk beban tarik 450 t pada akhir siklus. Ketika sepenuhnya buka kabel antara lengkungan dan dek berbohong sempurna horisontal (lihat Gambar. 1).
Enam didorong listrik 55 kW pompa hidrolik yang diperlukan setiap sisi mesin yang terletak di dalam kamar dan berlokasi dalam mendukung akhir dengan terpisah ruang yang disediakan untuk listrik switch gear. Setiap kelompok pompa ini dikendalikan oleh sistem komputer canggih untuk memastikan sinkronisasi dari ram perpanjangan dalam 10 mm antara masing-masing sisi jembatan dijaga di seluruh siklus operasi dan tidak ada twist yang terinduksi ke dalam struktur.

Untuk setiap gerakan membuka dan menutup jembatan, sistem operasi menghasilkan urutan yang terkontrol percepatan, konstan kecepatan dan perlambatan, dengan total waktu siklus dari 4 menit dalam kecepatan angin operasional sampai 14 m / s. Jembatan telah dirancang untuk terbuka di kecepatan angin sampai dengan 25 m / s meskipun dengan siklus operasi lebih lama.
Para desainer itu juga tertarik untuk memastikan jembatan tontonan malam sebagai maupun oleh hari (Gambar 11). Jonathan Speirs Rekan merancang sebuah skema pencahayaan yang terdiri penerangan jembatan soffit menggunakan silinder khusus pencahayaan unit untuk menerangi rusuk, internal pencahayaan di dalam pagar, marker pencahayaan menggunakan unit LED di geladak dan linkspans, dan multi-warna programmable irideon unit cahaya lampu sorot yang arch.
Selama pembukaan, pusat massa Seluruh struktur bergerak di titik poros
Gambar. 11. Khusus unit pencahayaan silinder digunakan untuk menerangi jembatan soffit rusuk

Rinci analisis dinamis dilakukan
Sifat unik dari jembatan yang diperlukan analisis struktural berhati-hati dalam beberapa hal. Dilakukan analisis statis relatif sederhana dengan menggunakan tiga dimensi bingkai ruang dilengkapi dengan rinci tiga-dimensi-elemen hingga model menggunakan elemen shell komponen struktural utama, termasuk persimpangan dek dan lengkungan bagian dan tinggal anchorages.
Isu-isu kunci dinamis diidentifikasi pada tahap awal termasuk perilaku akibat angin dan pejalan kaki dan kondisi tanggapan dan interaksi dinamis dari struktur saat pembukaan operasi. Pengujian terowongan angin dilakukan di University of Western Ontario menggunakan model aeroelastic diuji dalam kedua mulus dan bergolak mengalir, dalam berbagai azimuths dan untuk berbagai posisi pembukaan. Pengujian komprehensif ini diidentifikasi tanggapan eksitasi pusaran terbatas dan diterima amplitudo dan mengukuhkan stabilitas jembatan di kecepatan angin sampai 60 m / s.
Analisis dinamis dilakukan untuk mengkonfirmasi tanggapan vertikal struktur pejalan kaki di bawah kedua tunggal loading dan juga sekelompok pejalan kaki berupaya untuk menggairahkan jembatan. Bentuk struktur, secara inheren di dalam rencana dan kaku lateral pertama dengan frekuensi 2,6 Hz, adalah sehingga eksitasi lateral disinkronkan tidak akan terjadi.
Sebuah analisis interaksi hidrolik dilakukan untuk membuktikan bahwa operasi sistem akan memindahkan jembatan tanpa setiap interaksi dinamis antara sistem dan jembatan itu sendiri. Analisis terbukti berguna dengan sedikit modifikasi sedang dilakukan pada sistem hidrolik sebagai hasil studi selama desain fase.

Kontrak NEC menjamin tepat waktu penyelesaian
Awal tahun 1998, setelah mengadakan seleksi proses merangkul prinsip-prinsip kemitraan, patungan Harbour & Umum Pekerjaan dan Volker Stevin ini diberikan 'kontraktor lebih memilih' status.
Melanjutkan konfirmasi penundaan dalam hukum kekuasaan berarti bahwa suatu kontrak tidak dapat diberikan. Meskipun demikian, kontraktor segera ditambahkan ke proyek tim manajemen, yang kemudian mencari dan diangkat, pada pilihan yang sama dasar, Watson Steel sebagai sub-kontraktor utama untuk steelwork dan Kvaerner Markham untuk mekanik dan peralatan listrik. Itu tidak sampai bulan Mei 1999 yang penuh kontrak bisa diberikan.
Bentuk kontrak telah disepakati oleh tim manajemen proyek sebagai NEC Rekayasa dan Konstruksi Kontrak opsi D (biaya target dengan bill of kuantitas) dan empat partai-klien, insinyur, arsitek dan kontraktor - menjadi 'manajer proyek'. Penyertaan dari semua pihak sebagai manajer proyek tercermin pada tingkat situs, yang berarti bahwa keputusan bisa dibuat dengan cepat dan kolektif. Masalah yang dapat menyebabkan penundaan substansial diselesaikan dan Proyek ini secara substansial diselesaikan dalam program. Biaya yang ditargetkan disesuaikan terus-menerus untuk memperhitungkan bekerja dan menyetujui tambahan kompensasi peristiwa, berakhir pada 22 juta poundsterling-tentang 20% lebih tinggi dari angka aslinya. Itu tingkat kepuasan terhadap proses diilustrasikan oleh fakta bahwa final account disetujui sebelum bekerja penuh selesai.

Dredgings terlalu terkontaminasi untuk laut pembuangan
Konstruksi di lokasi dimulai dengan pengerukan sungai tempat tidur dalam persiapan untuk menumpuk dan cofferdam konstruksi. Namun, sebagai akibat kontaminasi sungai lumpur, sebuah warisan dari industri sifat sungai, proses ini menjadi berlarut-larut dengan lisensi untuk pembuangan di laut dan pengaturan ditolak harus dibuat untuk pembuangan dari bahan untuk TPA.

Setelah menyelesaikan pengerukan, grout ukuran batubara, menumpuk dan cofferdam konstruksi diikuti. Tumpukan berdua secara permanen dan sementara cased, yang bergelombang casing permanen melindungi integritas dari tumpukan selama menyembuhkan. Casing juga menyediakan
pengekangan ke dalam beton 2 m plug membentuk dasar ke meterai cofferdams, yang dipasang di sekitar masing-masing endsupport posisi.

Kedua landasan beton struktur, menipu dalam kekejaman dan kompleksitas, dibangun dalam ini cofferdams, dan dengan setiap beton pour maju ke atas melengkung dan bentuk lonjong struktur mulai emerge (Gambar 12). Plant kamar ke rumah sistem operasi jembatan dibentuk sebagai bersama-sama dengan maju terbuka bah daerah, perumahan utama ram hidrolik fasilitas dan trunnion bantalan anchorages jembatan yang didukung dan tentang yang berputar. Pengecoran-in
utama menahan baut untuk ini mendukung membutuhkan tingkat akurasi yang tinggi dari ± 3mm antara akhir mendukung, pertama, untuk mencocokkan dengan steelwork dan kedua untuk mencegah distorsi berlebihan terkunci ke dalam kapal.

Gambar. 12. Fondasi beton yang dibangun dalam cofferdams
Lift-dalam-satu skema diusulkan sebagai alternatif
Pembuatan jembatan itu steelwork dilakukan pada subkontraktor baja's Bolton halaman. Lengkungan dibuat dalam sembilan bagian (Gambar 13) dan geladak di 13, proporsi yang bertekad akan mudah ditangani di dalam karya-karya dan kemudian akan diangkut ke situs melalui jalan darat.
Skema ereksi yang awalnya membayangkan pra-perakitan dari unsur-unsur baja area kerja yang dekat dengan situs lalu empat lift terpisah, satu untuk lengkungan dan tiga untuk dek, dengan pengelasan dan kabel utama menekankan sedang dilaksanakan di atas sungai. Dalam rangka untuk mengurangi di tempat bekerja dan jumlah lift, para subkontraktor diusulkan sebuah 'angkat-dalam-satu skema'. Ini dimungkinkan oleh ketersediaan lepas pantai fabrikasi halaman 10 km hilir (Hadrian's Yard) dan kapasitas 3.200 t derek, Asian Hercules II. Ada dua alasan utama keputusan ini :
■ perakitan di fasilitas fabrikasi akan meniadakan kebutuhan utama bekerja dalam sungai bersama sama dengan berat risiko
■ ada potensi penting program keuntungan.
Fabrikasi di Hadrian's Yard mulai dengan masing-masing sembilan segmen yang lengkung dilas bersama-sama dengan berbaring lengkungan pada sebuah sistem pendukung sejajar secara akurat. Dayung, trunnion poros, bantalan dan tiang itu kemudian diinstal dan lengkung mengangkat dengan hati-hati pada permanen bantalan dan untuk sementara didukung dari 45 m vertikal guyed prop (Gambar 14). Di untuk meminimalisasi persyaratan akses di tinggi, kabel-kabel yang terpasang sebelum membesarkan.
Kotak dan torsi Bagian-bagian dek kemudian berangkat di bawah, dilas bersama-sama dan tetap dipasang. Pada tahap ini jembatan sudah siap untuk mengangkat. Itu skema untuk mengangkat dirancang sehingga meniru kondisi dukungan permanen. Hal ini dicapai dengan menunda seluruh jembatan dari gantungan terlampir masing-masing ujung poros trunnion, ditangguhkan dari diikat mengangkat balok. An disesuaikan dasi dipasang antara masing-masing sisi jembatan untuk mengendalikan lateral penyebaran lengkungan.
untuk mengurangi on-situs berfungsi dan jumlah lift, yang subkontraktor mengusulkan 'Angkat dalam-satu skema'

Gambar. 13. Arch bagian yang sedang dibangun di Bolton Watson Steel halaman

Gambar. 14. Lengkungan selesai dibangkitkan tegak di Hadrian Yard di Tyne sebelum melampirkan dek

Cuaca penundaan kedatangan akhir
Angkat diprogram tanggal yang ditetapkan untuk 6 November 2000, tetapi sebagai akibat dari berat badai ini tertunda oleh dua minggu. Transportasi terjadi pada tanggal 20 November 2000, masih sempurna dan jelas hari dan di bawah pengawasan ketat ribuan penonton (Gambar 15). Menurunkan dan positioning jembatan itu dilakukan dengan baik-baik saja presisi, mendarat jembatan dalam milimeter posisi yang diperlukan.

 Gambar. 15. 800t lengkap suprastruktur dimulai dengan perjalanan 10km hulu

Dengan jembatan di tempat, bekerja dilanjutkan dengan instalasi dari hidrolik domba jantan dan peralatan mekanik diperlukan untuk mengoperasikan jembatan, bersama-sama dengan geladak selesai; parapets dan stainless kursi dan pagar baja unit. Struktural kanopi kaca didirikan di atas akhir mendukung, selatan satu perumahan yang kontrol jembatan meja (Gambar 16).

Gambar. 16. Kanopi kaca struktural sertakan akhir mendukung

Komisioning rinci rencana dilaksanakan dan berbagai percobaan dilakukan keluar selama dua bulan, yang berpuncak di resmi pertama rotasi struktur pada tanggal 28 Juni 2001. Jembatan selesai dan dibuka untuk umum setelah akhir pekan acara publik dan konser pada tanggal 17 September 2001, dengan melaporkan antrian dari 30 000 orang menunggu untuk menyeberangi jembatan untuk pertama kalinya. Itu secara resmi dibuka oleh Ratu Elizabeth II pada tanggal 7 Mei 2002 sebagai bagian dari dirinya Golden Jubilee perayaan.
Ini adalah kerja penghormatan kepada semua orang terlibat bahwa jembatan telah berubah dari sebuah konsep dengan realitas dalam sedikit di bawah lima tahun. Sudah cepat dan universal diakui sebagai tambahan layak ke jembatan antara Newcastle dan Gateshead dan katalis untuk terus regenerasi kawasan (Gambar17).

Gambar. 17. Yang 22 juta poundsterling proyek telah diselesaikan dalam lima tahun dan harmonises baik dengan yang lain Tyne jembatan

Ucapan
Peserta proyek utama adalah sebagai berikut: klien, Gateshead Council; insinyur Gifford and Partners; arsitek Wilkinson Eyre Arsitek; pencahayaan arsitek Jonathan Speirs Associates; kontraktor utama, Harbour & Pekerjaan Umum / Volker Stevin; steelwork, Watson Steel Terbatas; mekanik dan listrik, Kvaerner Markham.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar